Perbedaan Modem GSM & CDMA

Internet sekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi para remaja ataupun masyarakat umum. Kemudahan untuk mendapatkan akses internet merupakan faktor yang mempercepat penggunaan internet. Kemudahan berintenet, bisa memakai WI-FI ataupun memakai USB Modem.
Usb Modem sekarang ini bukan menjadi barang yang langka lagi. Maraknya modem yang beredar di pasaran terkadang membuat kita menjadi bingung dalam memilih USB Modem. Baik Modem GSM ataupun CDMA. Modem CDMA dan GSM mempunyai beberapa perbedaan. Yang paling mendasar adalah jaringanya. Memang sulit bagi pengguna internet untuk menentukan pilihan antara CDMA dan GSM. Semua itu tergantung lokasi dimana kita berada. Pada umumnya sinyal GSM lebih merata dari pada CDMA.
USB modem mudah digunakan. Cukup colok ke dalam slot USB dan dengan cepat akan menginstal sendiri dan kita bisa duduk santai dan rileks. Hanya perlu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan USB Modem, yaitu tersedia USB port, setidaknya 50MB ruang pada hard disk, dan Mac OSX atau Windows 2000, XP, Sistem Operation Vista
Modem GSM
Teknolgi yang digunakan adalah 3G/UMTS/HSDPA. Modem GSM menawarkan kecepatan dari 3.6 Mbps sampai 7.2 Mbps. Kecepatan tergantung pada kualitas sinyal, bila kita berada di daerah perkotaan maka kita bisa memperoleh kecepatan yang maksimum. Keuntungan modem GSM providernya bisa diganti sesuai keinginan kita, jadi kita lebih fleksibel dalam memilih provider. Serta sinyal GSM mudah dibawa kemana-mana, misalnya keluar daerah. Untuk daerah terpencil GSM lebih menjangkau daripada CDMA yang terkadang tidak ada sinyal. Untuk harga Modem GSM lebi murah daripada Modem CDMA. Tetapi banyak yang mengeluhkan lebih mahalnya harga layanan internet dari pada provider CDMA yang menawarkan paket lebih murah. Untuk kesetabilan dalam berkoneksi internet, keduanya hamper sama, hanya saja kecepatan internet akan menurun pada jam-jam sibuk yaitu jam 12.00 sampai 10.00 malam.
Modem CDMA
CDMA menggunakan teknologi WCDMA(Wideband CDMA). Seperti teknologi CDMA biasanya, teknologi ini menggunakan spectrum pita lebar untuk transmisi data dan memanfaatkan kode sebagai pembeda masing-masing link komunikasi. komunikasi jenis ini memerlukan energi yang besar dan karenanya divais lebih cepat panas akibat konsumsi energi yang tinggi. Perangkat sudah dirancang sedemikian rupa sehingga panas yang ditimbulkan tidak akan merusak perangkat. Namun ada baiknya Anda membatasi penggunaan modem/datacard sesuai petunjuk penggunaannya (hanya untuk penggunaan di rumah atau kantor).
Untuk harga Modem CDMA sendiri memang lebih maha sedikit daripada Modem GSM. Tetapi harga layanan yang diberikan oleh provider leih murah. Missal provider SMART menawarkan paket hanya dengan Rp 45.000,- kita bias beinternetan ria unlimited selama satu bulan. Kekurangan modem CDMA terletak pada jangkauan area. CDMA hanya terdapat di daerah kota-kota besat saja, sedangkan GSM sudah bisa menjangkau ke pelosok-pelosok daerah. Dan untuk kesetabilan koneksi internet, sama seperti GSM kecepatan akan berkurang pada jam-jam sibuk.
Demikian yang dapat saya paparkan, semoga bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang lagi bingung memilih modem yang tepat.

ads

Ditulis Oleh : Belajar Yuk!!! Hari: 7:41 PM Kategori: