Makalah Judul "Potensi Pemberdayaan Teknologi Yang Bijaksana"


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR    2
DAFTAR ISI    3

BAB I.     PENDAHULUAN
A.    GAMBARAN UMUM        4
B.    PERMASALAHAN        6
C.    TUJUAN PERMASALAHAN        7

BAB II.     TINJAUAN TEORI
A.    APLIKASI PADA BIDANG KEHIDUPAN        8            8
B.    APLIKASI PADA BIDANG EKONOMI        9
C.    APLIKASI PADA BIDANG PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA    10
D.    APLIKASI PADA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP    11

BAB III.    ANALISIS DAN PEMBAHASAN
A.    PERKEMBANGAN TEKNOLOGI        12
B.    MANFAAT TEKNOLOGI        13
C.    KEBIJAKSANAAN DALAM PEMANFAATAN TEKNOLOGI    14   

BAB IV.    KESIMPULAN
A.    SARAN        15
B.    PENUTUP        15

DAFTAR PUSTAKA        16

LAMPIRAN            17


BAB I
PENDAHULUAN

A.    GAMBARAN UMUM MENGENAI TEKNOLOGI
    Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita sering sekali mendengar istilah teknologi dan komunikasi. Ini tidak dapat kita pungkiri karena kita selalu menggunakan kedua alat tersebut. Teknologi tersebut tidak mengenal tua muda, besar kecil, dan miskin atau kayanya seseorang tetapi kita di sini harus dituntut untuk menguasai teknologi dan komunikasi supaya kita tidak mengalami ketertinggalan.
    Teknologi dan komunikasi sangat berkaitan erat  satu sama lain. Oleh karena itu keduanya tidak dapat dipisahkan. Karena sulit sekali suatu komunikasi tanpa menggunakan teknologi. Misalkan saja betapa sulitnya jika dalam berkomunikasi jarak jauh dengan kerabat, teman atau keluarga, kita tidak menggunakan handphone atau telepone sebagai teknologinya. Oleh karena itu banyak orang berbondong-bondong ingin membelinya agar mereka dapat berkomunikasi dengan relasi-relasi mereka yang berada di tempat yang jauh.
    Zaman menuntut kita untuk menguasai ilmu dan teknologi yang ada dan berkembang sekarang ini. Jika dalam hal pengetahuan teknologi, kita sudah selangkah lebih maju dari orang lain, maka kita akan dicap sebagai orang yang maju dalam teknologi. Coba bandingkan dengan orang yang tak tahu apa-apa dengan teknologi, mereka pasti akan dicap sebagai orang yang kolot atau orang yang kurang dalam hal teknologi (gagap teknologi). Ini bukan sekedar opini belaka, dan memang fakta mengatakan bahwa seseorang yang selalu mengikuti perkembangan zaman akan lebih mudah dalam kehidupannya. Oleh karena itu, betapa pentingnya penguasaan teknologi demi menunjang kehidupan dan aktivitas kita.
    Masyarakat telah terpengaruh dalam arus perkembangan teknologi dan komunikasi. Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan-perusahaan yang sudah mulai bersaing mengeluarkan berbagai jenis produk-produk teknologi terbaru untuk dimanfaatkan bagi masyarakat. Dapat di lihat di bidang industri komunikasi seperti perusahaan handphone. Bayangkan saja, setiap waktu para pengusaha tersebut terus memikirkan bagaimana suatu produk yang mereka ciptakan itu dapat benar-benar menarik perhatian masyarakat dan berguna bagi kehidupan. Lalu munculah berbagai macam jenis handphone yang dilengkapi berbagai macam fasilitas-fasilitas yang canggih. Handpone pertama yang keluar adalah tipe monocrome, namun pada zaman sekarang tipe monocrome hampir-hampir tak ditemukan lagi karena tipe polyphoenix sudah bermunculan sehingga menekan produk-produk lama. Maka, kita sebagai pengguna dapat melihat secara tak langsung bahwa semakin hari produk-produk teknologi semakin berkembang dan tak dapat dipungkiri, kitapun ikut terpengaruh di tengah banjirnya perubahan itu.
    Sebagai masyarakat awam, kita mungkin sedikit terkejut dengan adanya perubahan ini. Tetapi kita juga harus dapat membaca perubahan tersebut secara bijaksana dan memanfaatkannya sebaik mungkin agar kita tidak terlarut ke dalam keterpanaan teknologi yang semakin mengagumkan. Namun ada kalanya kita selalu belajar, supaya kita tidak terseret terlalu jauh ke dalam dampak negatif yang ditimbulkannya. Oleh karena itu, supaya kita tidak salah memanfaatkan teknologi dan komunikasi, kita harus benar-benar paham apa saja fungsi dan manfaat teknologi bagi kehidupan kita. Sehingga, teknologi dan komunikasi bisa menjadi pelengkap yang kuat dalam menunjang kemajuan dan kehidupan kita.



Download Makalah Lengkap nya Dalam Bentuk File MS.Word Gambar Dibawah ini :
Selamat Membaca & Selamat Mendownload, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar :)
Mari Kita Saling Membagi Ilmu Untuk Kemajuan Bangsa Indonesia.

ads

Ditulis Oleh : Belajar Yuk!!! Hari: 10:49 PM Kategori: