Film The Great Queen Seon Deok (Episode 42)

Kim Chun Chu tidak percaya justru ini yang terjadi. Deok Man juga salah mengartikan Mi Shil. Kim Chun Chu berkata Mi Shil bukan Seongol dan bukan keluarga Raja. Tapi Deok Man mengingatkan bahwa Chun Chu pernah menyinggung kelemahan sistem Golpumjedo. Kim Chun Chu bertanya apa Mi shil punya hak untuk naik takhta. Deok Man berkata bahwa Mi Shil selama ini diakui atau tidak berperan besar dalam memeimpin Silla.

Kim Chun Chu : Apa kita akan membiarkan ini terjadi, mengapa kita tidak memberikannya saja pada Mi shil.

Deok Man : Tidak..Mi Shil mungkin memang ahli. Tapi kemudian tidak ada kemajuan di Silla. Bagaimanapun, Mi Shil tidak dapat mengabaikan latar belakangnya sebagai bangsawan. Tapi saat aku naik takhta, aku akan menancapkan akarku semakin dalam dan jauh. Akarku adalah rakyat negri ini. Aku mungkin kurang jika dibanding dengan Mi Shil tapi itu alasannya mengapa aku ingin naik takhta. Mengapa kau dan aku, atas nama keluarga Raja, Hwarang Yu Shin atas nama kekuatan Gaya, dan kekuatan daerah Hwarang Al Cheon, harus bersatu sebagai kesatuan. Inilah mengapa aku mengulurkan tanganku padamu. Sekarang..pilihannya terserah kau yang memutuskan.

Ha jong tanya apa maksud ibunya. Mi Shil sekali lagi menegaskan bahwa untuk Raja Jinji, Pangeran Baek Jeong, Se Jong, atau bahkan Kim Chun Chu, dia tidak akan mempromosikan siapapun naik takhta kecuali memberikannya pada dirinya sendiri. Mi Shil berlutut di depan mereka semua dan memohon dengan tulus untuk membantunya meraih takhta.

Kim Chun Chu merenung dan mencerna semua yang diungkapkan Deok Man. Al Cheon bertanya pada Deok Man apa keinginan Mi Shil adalah meraih takhta. Deok Man berkata dari yang ia lihat dan pikirkan. Kim Yu Shin bertanya mengenai Kim Chun Chu. Deok Man percaya Kim Chun Chu adalah anak muda yang cerdas dengan pemikiran kritis dan daya analisa tinggi dan percaya bahwa Chun Chu bijaksana untuk memutuskan sesuatu. Deok Man tanya Bidam bagaimana ia mengenal Yeom Jong. Bi Dam : Yeom Jong beberapa kali membantu guruku untuk berbagai urusan.

Deok Man tanya apa Chun Chu kenal dengan Yeom Jong saat ia kembali ke Silla, Bi Dam berkata sebelum ia kenal dengan Yeom Jong keduanya sudah saling kenal di Cina. Bi Dam berkata bahwa Yeom Jong tahu potensi Kim Chun Chu. Deok Man tanya apa yang dilakukan Yeom Jong untuk Moon Noh. Bi Dam berkata bahwa Yeom Jong memiliki jaringan yang memberikan informasi dan intelijen dari Goguryeo, Baekje dan Cina dan Yeom Jong mengenal bangsawan dari negeri itu. Deok Man tanya apa Yeom Jong bisa dipercaya. Bi Dam mengangkat bahunya, Yeom Jong adalah pedagang. Bi Dam berkata selama urusannya menguntungkan dirinya, mereka bisa mempercayai Yeom Jong. Deok Man tanya mengenai eisiensi Yeom Jong. Bi Dam meyakinkannya, Yeom Jong sangat bagus kalau tidak gurunya tidak akan memakainya. Deok Man melihat ketajaman dalam Yeom Jong saat Yu Shin tanya pendapatnya. Al Cheon berkata bahwa Deok Man harus mengatakan pada mereka tentang Mi Shil.

Deok Man berkata pada kubunya, bahwa ia dan Kim Chun Chu telah menyebabkan Mi Shil menyadari sesuatu dan ia ingin menguasai takhta juga. Kim Yu Shin berkata apa itu mengenai sistem Golpumjedo atau masalah gender. Deok Man membenarkan, bahwa sampai sekarang Mi Shil belum memproklamirkan diri, tapi angin perubahan sedang melanda Silla saat ini. Al Cheon berkata jadi Mi Shil akan maju sebagai calon Penguasa. Deok Man berkata jika itu mengenai jasa baik, dia memiliki dukungan dari sentimen publik lebih dari yang lain.

Menurut Yu Shin, meskipun Mi Shil sudah tidak dianggap setengah dewa dan kehilangan posisi di kuil, tapi pengaruhnya masih kuat di dewan menteri. Deok Man berkata sampai sekarang Mi Shil masih mendominasi administrasi. Bi Dam berkata bahwa yang paling penting adalah bahwa Mi Shil tidak melepaskan mimpinya, jadi jika takdir menghalanginya menjadi Permaisuri, ia akan menjadi…Deok Man menyambung kalimat Bi Dam : Ratu.

Al Cheon berkata tidak ada yang membuatnya heran tapi ia juga cukup bisa dicontoh. Kim Yu Shin berkata saat Deok Man memproklamirkan diri sebagai Ratu, dan membunyikan “alarm” Mi Shil. Deok MAn berkata jika Mi Shil memang memimpikan menjadi Ratu, maka tidak akan membuatnya terbeban dan terganggu. Deok Man berkata masalahnya keputusan Mi Shil naik takhta adalah saat Kim Chun Chu yang menciptakan konflik untuk memecah belah pihak Mi Shil dan gagal, Mi shil sudah melangkah ke depan dan menyatukan Se Jong dan Seol Won Rang yang hampir berperang.

Mi Saeng kaget ketika tahu dari Se Jong dan Seol Won Rang bahwa Mi Shil berniat menjadi Ratu. Seol Won berkata ia sudah bersama Mi Shil sejak pertama ia memiliki mimpi. Seol Won berkata bahwa latar belakangnya menjadi pemicu kekuatan sejak awal tapi sejak ia berdiri disamping Mi Shil selama ini, ia tahu bahwa mimpi mereka menjadi satu dan mimpi Mi Shil adalah mimpinya. Ha Jong masih ragu. Se Jong berkata Mi Shil benar2 jahat bagaimana ia bisa menginginkan dirinya lebih kuat dari mereka. Se jong berkata bagaimana mereka dapat memanggil diri mereka pria. Se Jong menghela nafas, ia akan mengikuti keinginan Mi shil.

Bi Dam tanya apa ada kemungkinan akan terjadi kudeta, Kim Yu Shin dan Al Cheon bertanya2 dan mereka yakin Mi shil bisa saja melakukannya. Deok Man berkata tidak mungkin. Kim Yu Shin berkata Mi Shil penah melakukannya saat Raja Jinji berkuasa. Deok Man berkata bahwa Yi Sabu, Geo Chilbu, No Ribu, bahkan Moon Noh semua dimenangkan oleh Mi Shil, dan ia melakukannya tanpa ada darah tercurah. Yu Shin menambahkan saat pengerahan prajurit, ia tetap dibenarkan. Deok Man berkata bukan hanya itu, Mi Shil menggunakan semua jasa2nya untuk mempengaruhi orang2 disekitarnya untuk mendapat dukungan.

Seol Won berkata keuntungan terbesar Mi Shil bahwa ia tidak pernah kehilangan penilaian mengenai banyak masalah. Ha Jong tanya apa Mi Shil akan memanfaatkan sidang dewan istana untuk mencalonkan diri sebagai Ratu. Mi Saeng berkata Putri Deok Man telah melakukannya, mengapa Mi Shil tidak bisa melakukannya juga. Jika ditanya siapa yang berhak menjadi Ratu, nama kakaknya pasti yang pertama disebut oleh rakyat. Ha Jong masih meragukannya.Semua bangsawan mengikutinya karena Mi Shil bukan keluarga Raja dan bagaimana kalau para bangsawan itu tidak mendukungnya. Mi Saeng bertanya apa Mi Shil akan melakukan hal yang sama ketika ia menurunkan Raja Jinji dalam mengatasi Raja Jinpyeong.

Se Jong berkata waktu itu mereka dibenarkan karena tindakan Raja Jinji yang semena-mena dan membuat rakyat menderita. Seol Won membenarkan, bahwa Raja yang sekarang tidak seperti itu. Lalu Mi Saeng menyarankan metode yang dilakukan kepada Raja Jinheung yaitu dengan pembunuhan dan mengubah wasiatnya. Seol Won berkata itu mungkin karena mereka adalah orang lingkar dalam Raja Jinheung lalu Ha Jong berkata apa yang akan mereka lakukan untuk menyukseskan ini. Mi Saeng berkata melalui dewan istana dimana Mi Shil akan dapat melancarkan rencananya. Seol Won juga memiliki pikiran yang sama. Tapi Ha jong berkata apa pendapat para bangsawan.

Kemudian Deok Man menjawab, para bangsawan akan terbagi kesetiaannya. Yu Shin berkata jadi kemungkinan para bangsawan yang dulu mendukung Mi Shil akan berbalik meninggalkannya. Al Cheon berkata itu mungkin saja karena tak seorang bangsawan pun yang mau kalau Mi Shil jadi Penguasa. Bi Dam berkata kalau begitu Putri Deok Man akan diuntungkan. Deok Man yakin sepertinya itu yang akan terjadi. Keputusan Mi shil akan menandai kejatuhannya karena kekuatannya mungkin akan menjadi kelemahannya dan ia akan jatuh. Bi Dam merenung pada kata kelemahannya. Deok Man tanya apa Yu shin sudah melakukan instruksinya. Kim Yu Shin berkata ada kecemasan dalam persiapannya, dan ia tanya apa Deok Man akan menyiapkan penjelasannya. Deok Man berkata waktunya sudah tepat tapi ada sedikit dalam prosedurnya yang harus dicermati dan memerlukan persiapan.

Raja bertanya mengenai masalah perubahan pajak yang ia dengar dari Kim Yong chun bahwa Deok Man sedang menghitung dan mengajukan perubahan perhitungan pajak untuk meningkatkan kemandirian pertanian, Putri Deok Man membenarkan. Raja mengatakan para bangsawan mungkin tidak setuju dengan proposalnya. Deok Man tahu dan para bangsawan mungkin tidak akan setuju dan proposalnya mungkin akan diperdebatkan selama bertahun2 antara keluarga Raja dan kaum bangsawan untuk menyadari dan memetik buahnya.

Kim Seo Hyeon tanya apa tujuan Deok Man mengajukan amandemen ini. Pertama, Keluarga Raja harus menunjukkan pada rakyat bahwa mereka melakukan ini untuk rakyat. Kedua, Deok Man menebak Mi Shil akan mengajukan diri menjadi Penguasa. Semua terkejut. Kim Seo Hyeon berkata jadi bukan lagi mengajukan Kim Chun Chu, melainkan dirinya sendiri. Deok Man membenarkan. Raja shock dengan kabar itu, Deok Man menambahkan oleh sebab itu ini adalah alasan utama dari amandemen mengenai aturan perpajakan yang baru untuk melumpuhkan kekuatan politik Mi Shil dan sekutunya dan itu akan terjadi.

ads

Ditulis Oleh : Belajar Yuk!!! Hari: 5:53 AM Kategori: