Apa itu Search Engine Optimization (SEO) ???

Search Engine Optimization – dikenal luas dengan singkatan SEO – telah menjadi sesuatu yang sangat penting bagi banyak orang dengan berbagai macam latar belakang. Secara sempit SEO adalah segala upaya yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan ranking website kita di search engine (mesin pencari), baik yang kita lakukan langsung pada website kita sendiri (on-page) ataupun faktor-faktor eksternal dari luar website kita (off-page). Biasanya aktifitas ini menyangkut rekayasa terhadap elemen dan isi website kita, dan sebagian besar dilakukan tanpa memerlukan biaya.

Search Engine Marketing – SEM – memiliki cakupan yang lebih luas dari SEO. Secara khusus SEM juga mencakup PPC (pay per click – kita membayar mesin pencari untuk setiap pengunjung yang datang ke website kita melalui mesin pencari tsb.) SEM menyangkut apapun yang kita lakukan untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengunjung ke website kita melalui mesin pencari.

Umumnya kita tidak memisahkan keduanya. SEM bertujuan untuk mendatangkan pengungjung sebanyak-banyaknya ke website kita melalui mesin pencari, dimana salah satu caranya adalah dengan memiliki ranking yang tinggi mesin pencari. Kita juga dapat memantaatkan fenomena baru di masyarakat dunia maya, yaitu media sosial. Media sosial adalah suatu bentuk jaringan untuk saling berbagi informasi di internet. Anda dapat melihatnya sebagai bentuk canggih dari cara manusia untuk berbagi informasi yang dianggapnya penting atau menarik dengan kenalan-kenalannya. Penggunaan media sosial untuk meningkatkan kunjungan ke website kita disebut Social Media Marketing (SMM).

Ilmunyata

Sebaiknya kita tidak terlalu mengkotak-kotakan hal-hal tersebut mengingat semua memiliki persamaan mendasar. Objeknya sama: website kita. Tujuannya sama: mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Semua berada di bawah satu payung: SEM, menyangkut semua metoda yang kita pergunakan untuk mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke website kita. Dengan popularitasnya yang berkembang sangat pesat, media sosial cepat atau lambat akan diperhitungkan mesin pencari dalam sistem rankingnya.

Ketika semua orang beramai-ramai melakukan hal yang sama, sebaiknya kita memisahkan diri dan melakukan sesuatu yang berbeda. Dalam SEO keberanian untuk tampil beda biasanya memberikan hasil yang memuaskan. Semua orang melakukan hal yang sama – tidak berarti anda tidak boleh melakukan hal sama pula. Yang saya maksud adalah anda sebaiknya melakukan hal yang sama dengan cara yang berbeda.

Saya berniat membagi pengalaman saya dalam tulisan-tulisan di website ini. Anda akan melihat pengalaman yang baik dan yang buruk, yang berhasil dan yang gagal. Tentunya, ikutilah pengalaman yang baik dan berhasil dengan kreatif. Sebaiknya anda mencoba menerapkannya dengan modifikasi yang datang dari kreativitas anda sendiri. Jika anda punya keinginan untuk membagi buah kreativitas anda disini, tentunya akan sangat baik. Percayalah, berbagi dan menolong tidak akan merugikan kita. Tidak perlu berharap ada orang yang membalas kebaikan anda, karena Yang di Atas tidak akan melupakan anda.

Sumber : http://www.seobali.com

ads

Ditulis Oleh : Belajar Yuk!!! Hari: 7:56 PM Kategori: