LAMPIRAN A: Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : Matematika
Kelas / semester : .................................................................
Pertemuan : ................................................................
Standar kompotensi : ................................................................
Kompetensi dasar : ...............................................................
Indikator : ...............................................................
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat:
1. ………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………….
3. dst.
B. Materi Pokok
1. ………………………………………………………………………………
2. ……………………………………………………………………………….
3. dst.
C. Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Pengajaran Langsung
Pendekatan Pembelajaran : Pemecahan Masalah
Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab (resitasi)
D. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (fase I: Penyampaian tujuan dan mempersiapkan Siswa)
(10 menit)
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (KD dan indikator), sedangkan siswa mendengarkan dengan saksama tujuan pemb. yang disampaikan oleh guru.
b. .................................................................................................................................
c. dst.
2. Kegiatan inti (mencakup fase-fase inti model pembelajaran)
Fase II: Demonstrasi dan penyajian pengetahuan & keterampilan
(40 menit)
a. .................................................................................................................................
b. .................................................................................................................................
Fase III: Membimbing Pelatihan (15 menit)
a. .................................................................................................................................
b. .................................................................................................................................
Fase IV: Mengecek Pemahaman dan Umpan Balik (10 menit)
a. .................................................................................................................................
b. .................................................................................................................................
Fase V: Pelatihan lanjutan/penerapan
a. .................................................................................................................................
b. .................................................................................................................................
3. Penutup (5 menit)
a. Guru bersama siswa membuat rangkuman
b. Guru memberikan PR (bisa untuk pelatihan lanjutan)
E. Sumber, Bahan, dan Alat Bantu (Media)
• Sumber: ……………………………………………………………………...
• Bahan: ……………………………………………………………………….
• Media: ……………………………………………………………………….
F. Penilaian
Penilaian Proses:
a. .................................................................................................................................
b. ..................................................................................................................................
c. dst.
Penilaian Hasil
a. ...........................: .....................................................................................................
b. ..................................................................................................................................
c. dst.
Ilmunyata