Makalah Ilmu Ekonomi " Krisis Ekonomi Global"

MAKALAH ILMU EKONOMI
DOSEN PENGAMPU    : PAK SABINUS JUMPO, S.E.
KRISIS EKONOMI GLOBAL



D
I
S
U
S
U
N
OLEH

FRANSESCO AGNES RANUBAYA
NIM    : 200812048
MIRA SUSANTI
NIM    : 200812053
WIDYA MELINDA
NIM    : 200812066
YOHANES HERMAN SETIAWAN
NIM    : 200812068



JURUSAN MANAJEMEN KOMPUTER DAN INFORMATIKA
SEMESTER I





AKADEMI MANAJEMEN KOMPUTER DAN INFORMATIKA KETAPANG (AMKI)
Jl. AIP K.S. Tubun No. 03 Ketapang 78815 Kalimantan Barat
Tahun Ajaran 2008/2009
KATA PENGANTAR


    Krisis Global yang kini melanda penduduk Indonesia menjadi sebuah cekikan keras bagi rakyat dan pemerintahan. Di mana tidak hanya dari berbagai sektor yang kena imbas dari dampak negatifnya, tetapi juga mempengaruhi pola kehidupan masyarakat di Indonesia. Dalam prilaku ekonomi, masyarakat kini harus lebih ekstra selektif untuk menentukan mana kebutuhan yang benar-benar diperlukan dan mana kebutuhan yang sifatnya dapat ditunda agar masyarakat tidak mengalami pemborosan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.
    Tidak hanya masyarakat saja yang kewalahan. Dari pemerintahan yang menjalankan tugas kenegaraan ikut merasakan pusingnya kejenuhan terhadap krisis ekonomi global yang semakin menyiksa, di mana beberapa sektor ekonomi di Indonesia, baik berupa penyedia devisa dan berbagai macam pengolahan perekonomian mengalami keanjlokan yang drastis. Terbukti dengan turunnya indeks bursa Indonesia terhadap mata uang asing yang sangat mempengaruhi keberlangsungan ekonomi Indonesia terhadap laju penyebaran pasar Internasional.
    Ini adalah salah satu kajian yang sangat menarik karena kita sebagai mahasiswa dituntut juga untuk krisis dalam menghadapi masalah ini. Dan bagaimanapun dan kemungkinan apapun bisa saja terjadi, namun bila kita menyikapinya secara krisis, paling tidak masalah hidup kita secara pribadi dapat teratasi sekian rupa dengan pola pikir kita yang dinamis. Sehingga akhirnya kelak saatnya terjun di dunia kerja, pola pikir tersebut dapat membantu orang lain juga.

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR    i
DAFTAR ISI    ii

BAB   I.  PENDAHULUAN    1
A.    LATAR BELAKANG    1
B.    TUJUAN PENULISAN    1
C.    RUMUSAN MASALAH    1

BAB  II.   PEMBAHASAN MASALAH    2
A.    PENGERTIAN KRISIS EKONOMI GLOBAL    2
B.    AKIBAT TERJADINYA KRISIS EKONOMI GLOBAL    2
C.    SEPULUH CARA MENGATASI KRISIS EKONOMI GLOBAL OLEH PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA    6
D.    TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP KRISIS EKONOMI GLOBAL    8

BAB  III.   PENUTUP    9
A.    KESIMPULAN    9
B.    SARAN    9

DAFTAR PUSTAKA    10
   


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
    Krisis global adalah salah satu dilema yang sedang dihadapi Indonesia sejak dahulu hingga sekarang. Dan ini adalah dinamika kehidupan ekonomi yang tidak tetap perubahannya. Kadang sistem ekonomi dunia naik, kadang sistem ekonomi dunia merosot drastis. Ini menyebabkan gejolak besar bagi kehidupan ekonomi seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Akibat langsungnya adalah meledaknya harga kebutuhan pokok di Indonesia. Yang mana sebelumnya saja sudah menjepit dompet masyarakat dan kini semakin menekan sektor-sektor usaha yang menyediakan kebutuhan tersebut. Misalnya: Petani yang menyediakan sayur mayur kini kesulitan dalam mencari pupuk yang murah, padi menjadi kurang subur dan pasokan yang terbatas membuat harga beras melonjak. Ini adalah satu dari ribuan keluhan masyarakat dalam merasakan dampak buruk dari krisis global ini. Sehingga tema “Krisis Ekonomi Global” ini sangat cocok untuk menjadi bahan diskusi bagi mahasiswa karena mahasiswa juga mengalami dilema ini dalam hidupnya.
B.    TUJUAN PENULISAN
    Supaya mahasiswa dapat lebih kritis terhadap situasi krisis ekonomi global yang mana sekarang menjadi topik hangat dan dilema luar biasa bagi seluruh dunia. Paling tidak mahasiswa dapat memecahkan masalah kecil yang berhubungan dengan krisis ekonomi global tersebut. Diharapkan pula makalah ini dapat menjadi acuan belajar dalam mempelajari permasalahan ekonomi di Perguruan Tinggi.

C.    RUMUSAN MASALAH
    Adapun makalah ini dibuat dengan rumusan permasalahan:
•    Apa itu Krisis Ekonomi Global?
•    Mengapa Krisis Ekonomi Global bisa terjadi?
•    Sektor apa saja yang terkena imbas dari Krisis Global tersebut?
•    Bagaimana cara mengatasi Krisis Global tersebut?
•    Apa tanggapan kita sebagai mahasiswa terhadap masalah ini?

Download Makalah Lengkapnya Dalam Bentuk File Ms.Word Di bawah ini :

ads

Ditulis Oleh : Belajar Yuk!!! Hari: 9:33 PM Kategori: